TINGKATKAN MUTU GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN WORKSHOP SELAMA DUA HARI DI TRAWAS MOJOKERTO

Guna meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga pendidikan, MAN 1 Gresik selenggarakan Workshop Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Arrayana Trawas Mojokerto pada tanggal 19—20 April 2024. Seluruh guru dan pegawai pun berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Guru dan pegawai mulai berangkat ke lokasi Workshop pukul 10.00 WIB. Rombongan guru dan pegawai hadir di lokasi Workshop pada pukul 14.00 WIB dan langsung chek in hotel. Pembukaan Workshop sendiri dimulai pada pukul 16.00. Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Dr. H. Moh. Ersat, M.H.I, Ketua Darma Wanita Persatuan Ibu Dr. Yuliastuyik, S.Kom, dan Kasie Pendma Kemenag Kabupaten Gresik Hj. Masfufah, M.Pd.

Selain kegiatan Workshop pendidik dan tenaga kependidikan, pembukaan tersebut juga diisi dengan pengesahan RDM, RKAM. Sebelum disahkan, Ketua Litbang MAN 1 Gresik Drs. Khusnan diberika kesemapatan untuk mensosialisasikan program madrasah pada tahun 2024/2025. Sedangkan Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan detail anggaran RDM, RKAM. Beliau juga mohon restu kepada seluruh stakeholder madrasah agar apa yang sudah direncakan dapat terealisasi dengan tepat dan lancar.

Kepala Kemenag Kabupaten Gresik Dr. H. Moh Ersat, M.H.I menyampaikan apresiasi kepada MAN 1 Gresik yang telah melaporakan RDM/ERKAM. Beliau berpesan agar serapan anggaran RKAM harus secepatnya direalisasikan. Menurutnya paling lambat bulan Juli di 2024 anggaran untuk Bimtek peningkatan mutu harus segera direalisasikan.

Setelah acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop. Dalam kegiatan ini antara pendidik dan tenaga kependidikan dipisah di ruang yang berbeda. pendidik atau guru mendapatkan materi tentang menganalisis dan merancang pembelajaran berdiferensiasi. Materi tersebut disampaikan oleh fasilitator guru penggerak, Bapak Dr. Marjuki, M.Pd. Sedangkan tenaga kependidikan mendapatkan materi Service Excelent oleh dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Bapak Fahrur Rozi, S.I.Kom., M.Med.Kom.

Para pemateri menyampaikan materi dengan gaya cukup interaktif. Peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi melalui pola brainstorming. Selain itu Dr. Marjuki, M.Pd juga menyelipi ice breaking ketika peserta workshop mulai jenuh. Peserta pun menjadi lebih bersemangat ketika diajak untuk ice breaking.

Dalam kegiatan materi tersebut Guru MAN 1 Gresik dikelompokkan ke dalam rumpun mata pelajaran. Setiap kelompok diberikan tugas untuk menyampaikan argumentasinya tentang pembelajaran berdiferensiasi dalam lembar kerja. Selanjutnya setiap kelompok melalukan unjuk karya kepada kelompok lain secara bergiliran.
Dalam kesempatan tersebut peserta teraktif mendapatkan reward dari nara sumber. Total terdapat 7 guru yang mendapatkan reward dari Dr. Marjuki, M.Pd. Setiap guru yang dinilai aktif dipanggil ke depan dan mendapatkan buku karya narasumber.

Leave a Comment